Skip to content

Kesehatan Otak

November 16, 2010

Kesehatan merupakan sesuatu yang berharga, karena orang sakit tidak dapat merasakan sehat. kesehatan tubuh perlu dijaga karena  manusia terdiri dari  tubuh atau jasmani, jiwa dan pikiran. Seluruh aktivitas hidup ada di otak sebagai pusat kegiatan. Di otak ini seluruh pusat informasi yang diterima akan di proses.

Setiap orang pasti mendambakan kesehatan, termasuk kebugaran otak. Karena jika tidak dipelihara maka akan timbul berbagai keluhan yang mewarnai kehidupan sehari-hari dan akan mengganggu aktivitas harian. Pernahkan tiba-tiba Anda merasa seperti ada perasaan goyang atau mau jatuh saat sedang berjalan? atau bermasalah dalam menggerakkan anggota tubuh?. Pernah merasa pusing dan mengantuk atau Anda lupa arah dan tujuan yang sebelumnya sudah pernah ada.  Jika jawabannya ya maka perlu dipertanyakan keutuhan fungsi otak Anda. Salah satu cara untuk menghilangkan keluhan, dengan melakukan senam yang dikenal dengan senam vitalisasi otak.

Senam vitalisasi otak (vo) bertujuan memelihara berbagai fungsi otak agar dapat bekerja sesuai fungsi dan kebutuhannya, sehingga suplai oksigen dan darah ke otak dapat optimal. Jenis senam ini tidak seberat latihan fisik seperti berlari atau melompat. Dalam senam vitalisasi otak diperlukan sinkronisasi antara gerak napas fisiologi dan gerakan itu sen

diri.

Beberapa manfaat yang diperoleh saat kita melakukan senam vitalisasi otak diantaranya adalah upaya stimulasi dan pengaktifan otak menuju peningkatan kebugaran otak, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi serta meningkatkan daya tahan fungsi otak. Sedangkan bagi yang sulit konsentrasi, senam ini dapat membantu  tingkat konsentrasi. Selain itu senam ini dapat mengurangi keluhan fisik karena degenerasi organ tubuh dan merupakan kegiatan rekreatif menyenangkan karena  setiap gerakan terdapat unsur relaksasi.

Bentuk gerakan senam vo dilakukan dari bawah ke atas, dengan tujuan untuk upaya sistematika gerak tubuh bagian bawah terus ke  atas. Gerakan ini dilakukan untuk melatih bagian otot-otot yang lebih kecil sampai otot yang lebih besar. Sehingga gangguan pada gerakan halus dan gerakan kasar yang terjadi segera dapat diatasi.

Prinsip gerakan senam vo

Gerakan senam vo berasal dari beberapa gerakan  tarian yang melibatkan proses imajinasi penglihatan, pendengaran, sensorik, dan motorik dalam satu gerakan. Umumnya senam fisik cenderung dilakukan  cepat maka senam vitalisasi otak dilakukan secara lambat atau dilakukan perlahan-lahan.

Tujuannya untuk keselarasan pola gerak otot, gerakan pernapasan dan metabolisme bagian otak yang terstimulasi. Keuntungan melakukan senam ini tidak memberi beban berat pada jantung.

Supaya senam vo memberi manfaat prima maka gerakan selama senam dilakukan dengan beberapa kali pengulangan. Keadaan ini sangat penting supaya stimulasi gerak dapat terekam oleh otak dan dapat melatih rasa sendi (propriosephy). Saat melakukan senam ini diperlukan konsentrasi terutama yang berkaitan dengan pandangan mata dan pernafasan. Setiap gerakan yang dilakukan lengan maupun tungkai kaki selama senam otak senantiasa melibatkan pandangan mata.

Keadaan ini mempunyai tujuan mengatasi masalah yang berhubungan dengan gangguan konsentrasi visual dan kemampuan visuospasial (mengenal ruang) serta mengaktifkan pusat di otak bagian depan.

Senam ini melibatkan pernafasan. Pernafasan senantiasa dilakukan secara teratur pada setiap gerakan karena pada dasarnya otak memerlukan oksigen. Dengan senam vo upaya oksigenasi optimal yang diperlukan otak dapat terpenuhi, sehingga metabolisme otak optimal dapat tercapai. Setiap gerakan yang terdapat dalam senam vo harus diresapi.  ini berguna untuk mencapai harmonisasi antara gerak (otot dan sendi), otak dan emosi.

Senam vitalisasi otak terdiri dari tiga bagian yaitu pemanasan, latihan inti satu dan latihan inti dua. Pemanasan terdiri dari gerakan injit-injit, kepak kupu-kupu, menabur bunga dan rangkai bunga melati. Setelah pemanasan dilanjutkan dengan latihan inti satu yang terdiri dari tapak menyusur, menata jejak, langkah pasti, rengkuhan, menyentuh pelangi dan kasih sayang. Berikutnya adalah latihan inti ke-2 yang terdiri dari kemenangan.

Masing-masing gerakan mengandung makna yang bertujuan meningkatkan daya tahan fungsi otak. Gerakan senam ini dapat merangsang cinta, kasih sayang terhadap manusia. Di samping itu senam vitalisasi otak juga merupakan perwujudan rasa syukur kepada sang pencipta jagat raya. Akhirnya tujuan senam ini adalah mencapai keseimbangan antara fungsi otak, kerja otot dan stabilisasi emosi.

Manusia yang unggul adalah manusia yang paripurna, tidak hanya sehat tubuh dan jiwa. Tapi mempertahankan stimulasi otak dengan cara senam vo untuk mendapatkan kesehatan yang komprehensif.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: