Skip to content

Obat Penyakit Maag

November 19, 2010

Obat Penyakit Maag

 

Awalnya saya pikir itu cuma gejala sakit maag biasa lho, sampai mendadak suatu hari saya demam, plus lambung juga rasanya penuh.

” Ah paling cuma masuk angin gara-gara telat makan “. pikir saya. Rasa sakit tadi hanya coba saya redam dengan obat flu dan obat maag yang dijual bebas di pasaran. Males pergi ke dokter umum, paling-paling juga cuma dikasih obat maag ma antibiotik lagi.

Ternyata sampai 3 hari demam saya ga turun-turun juga, lambung saya juga semakin sakit dan terasa kram. Sakitnya luar biasa, sampai-sampai saya tidak bisa banyak bergerak.

Hmmmmph, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke dokter Spesialis Pencernaan di RS Boromeus Bandung. Prosedur pemeriksaan awal dan endoskopi segera dilakukan agar bisa diperoleh informasi yang lebih valid tentang saluran pencernaan saya.

Heheh, baru tahu saya, ini toh yang namanya pemeriksaan endoskopi. Lucu. Pertama saya disuruh nelen semacam bubuk, yahh kira-kira seukuran tutup botol situp ABC. Rasanya asem-asem nge-pop, kaya makan permen the rock rasa soda (itu lho permen anak-anak yang bisa meledak-ledak kalo diemut di mulut). Belakangan saya baru tahu kalo bubuk yang saya minum itu adalah radium. Fungsinya untuk membuat saluran pencernaan saya bersinar dan terlihat jika difoto pake sinar X. Kaya glow in the dark gitu lho.

Next, baru deh foto-foto pake sinar X di lab. Serasa jadi seleb hehe…..(deu, sempet-sempetnya)

Dari record endoskopi itu ketauan deh apa penyebab demam dan rasa kram di lambung saya, ni kira-kira hasil konsultasi saya ma dokter :

Dokter   : …… Lambung kamu bocor

Saya     : Wekssss. Masa sih sakit lambungku separah itu? Emang lambung bisa bocor gitu dok, kirain jantung aja yang bisa bocor. Lagian ni dokter ga pake basa-basi langsung maen tembak ajah, untung  aku ga punya penyakit jantung emoticon

Dokter   : Bisa, sama aja kaya jantung, kalo kamu klep asam lambungnya yang bocor. Kamu harus dioperasi, lambungnya perlu dijahit.

Saya     : Bisa sembuh total ga Dok kalo dioperasi?

Dokter   : Nggak bisa, kalo kamu makannya bandel yah nanti bisa lepas lagi jahitannya.

Saya     : Lha, kalo gitu percuma dong dioperasi. Ada alternatif lain ga Dok? emoticon)

Dokter   : Ada, ga usah dioperasi tapi kamu harus bener-bener jaga pola makan. Ga boleh makan asam-asam, dan pedas-pedas. Ga boleh makan coklat, durian, pete, chiki-chikian, lada, ma minum kopi yang bisa merangsang keluarnya asam lambung. Apalagi makan mi instan, mi instan tuh merusak lambung sekali.

Saya     : …… Hiks, kok yang ga boleh dimakan itu yang enak-enak semua ya ….kayanya lambungku bocor gara-gara kebanyakan makan mi instan di kosan nih. Apalagi waktu kecil kan aku doyan banget makan camilan mi instan mentah.

Saya     : Dok, kesehatan lambung bocor tuh memang karena pola makan yang salah ya?

Dokter   : Nggak juga, bisa karena pola makan yang salah atau bisa juga karena bawaan lahir emang sudah ga sempurna. Oh ya, kamu nanti harus makan malam paling lambat jam 6. Asam lambung kamu itu pekat dan bikin makanan lebih susah dicerna. Jadi kamu baru boleh tidur 3 jam setelah makan. Habis makan juga harus duduk. Jangan langsung tidur soalnya posisi tiduran bisa memperberat kerja lambung.

Hiks, padahal kan kalo habis makan biasanya ngantuk ya?

Setelah puas menyampaikan pesan dan kesannya, dokter ngasih saya resep. Cuma 2 jenis obat, obatnya juga kecil-kecil kok tapi harganya mayan mahal :

  1. Motilium, 2x sehari
  2. Pentazol, 1x sehari

Sekarang 2 obat ini selalu saya stock dan dibawa-bawa kalo bepergian. Buat jaga-jaga.

Berhubung saya sadar obat kimia itu bisa jadi racun saya juga nyari jalur alternatif. Nyoba-nyoba makan pisang raja (hasil dari browsing obat tradisional alternatif di internet) sama eksperimen makan daging daun lidah buaya (kalo yang ini iseng, kali aja bisa sembuh, kan lendir lidah buaya punya kandungan zat yang bisa membantu mempercepat perbaikan sel. Siapa tau bisa nembel kebocoran di lambung saya).

Dari hasil uji coba langsung diketahui bahwa :

Makan pisang raja bisa mengurangi rasa perih yang timbul akibat keasaman lambung, tapi rada lama baru bisa kerasa efeknya. Lendir daging daun lidah buaya lebih tokcer. Efeknya akan lebih cepat kerasa kalo dimakan mentah (tapi pahit lho). Kalo pengen ga pahit direbus dulu aja dan dimakan campur air sirup. Lebih enak, kaya makan nata de coco aja emoticon.

Alhamdulillah sekarang dah sembuh tuh, jaga makanan sih tetep, tapi ga seekstrim dulu lah.

Jadi bisa makan enak lagi emoticon

No comments yet

Leave a Reply

